SOSIALISASI NARKOBA DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN BANJAR

Sanggar Kegiatan Belajar Kab Banjar

BNN KOTA BANJARBARU LAKUKAN SOSIALISASI BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN BANJAR

Bertempat di Aula Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Banjar , Senin 11 Januari 2015 BNN Kota Banjarbaru bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar memberikan penyuluhan tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) pada siswa Sanggar Belajar Paket C.

          Materi disampaikan oleh Penyuluh Narkoba BNN Kota Banjarbaru Mulgianto, SE didampingi oleh kepala seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN kota Banjarbaru M Khairani Nor, SE,. pelaksanaan ini berjalan dalam suasana santai penuh kekeluargaan. Peserta yang berjumlah 34 orang yang tediri 18 wanita dan 16 pria tersebut cukup antusias mendengarkan penyampaian materi oleh penyuluh. Dalam penyampaian materi dengan tema “ Pelajar Sehat Narkoba Minggat ” , para peserta kadang-kadang tersenyum mendengar guyonan – guyonon yang diselipkan penyuluh disela – sela penyampaian materi. Adakalanya peserta menjadi kaget karena disodori pertanyaan oleh penyuluh sehingga suasana menjadi hening, mungkin peserta menduga akan mendapat giliran pertanyaan.

Berdasarkan Laporan Survey Rumah Tangga Tahun 2015 jenis narkoba yang paling banyak disalahgunakan adalah ganja, shabu dan ekstasi. Jenis narkoba lainnya seperti heroin/putau, kelompok benzodiazepin, dextrometrrpan, trihexyphenidyl, dan rohypnol/mogadon. Empat jenis narkoba yang disebut terakhiradalah jenis obat daftar G yang dapat dibeli bebas di apotik dengan menggunakan resep dokter. Namun, pada kenyataan dilapangan tanpa resep dokter pun dapat diperjualbelikan secara bebas atau memalsukan resep dokter.

Inilah realita yang, oleh karena itu perlu penanganan bersama dari seluruh komponen masyarakat. Penyuluh BNN mengharapkan para peserta kegiatan Sanggar Belajar (paket C) hendaknya menerapkan pola hidup sehat dengan : Jauhi merokok, pola makan seimbang, hindari minuman yang memabukkan, olahraga teratur, bergaul dengan lingkungan yang sehat, hindari tidur yang larut malam dan tentunya jangan menyalahgunakan Narkoba atau obat – obatan yang dilarang. Pada akhir materi disampaikan pula tentang program Rehabilitasi bagi penyalahguna narkoba, bagi penyalahguna dan atau pecandu narkoba disarankan untuk datang ke BNN guna lapor diri untuk dilakukan rehabilitasi baik rawat jalan maupun rawat inap (moel).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *